7 Resep Jus Buah Untuk Detox dan Bakar Lemak

Foto: Fimela

Memiliki bentuk tubuh yang langsing dan sehat, merupakan cita-cita setiap perempuan. Tak terkecuali diriku yang saat ini tengah diteror oleh timbangan badan yang tak kunjung bergeser ke arah kiri. Kondisi ini semakin diperparah dengan keisengan beberapa teman yang mengatakan:

"Wow say, kamu agak gemukan deh!"
"Kamu lagi hamil yah say?, kok badannya agak suburan?"
"Wah,,,kita lama enggak ketemu yah say. Aku sampai pangling loh,, hehhe btw, lagi hamil yah, kok kelihatannya makin big"

Hemm, pertanyaan-pertanyaan iseng kayak gitu rasanya gak pantes aja sih diungkapkan. Apalagi di depan umum. Meski kenyataannya tak salah sedikitpun. Ya, memang aku akui, saat ini aku sedang mengalami kenaikan berat badan yang sulit sekali dikendalikan.

Berat badanku saat ini mencapai 68kg dengan tinggi badan 163cm. Idealnya sih tinggi badan dikurangi 110 yah. Jadi berat badan idealku seharusnya 53kg. Hiks, kelebihan 15kg donk. Padahal sebelum menikah, bb-ku tak pernah bergeser ke kanan usai angka 51kg. Tapi sekarang, hiks,hiks, rasanya pengen guling-guling kalau ingat lemak berlebih yang tak kunjung berkurang.

Andai saja guling-guling bisa mengusir lemak, pasti aku akan guling-guling tiap hari. Tapi, kalau aku tak melakukan sesuatu, si lemak pun bisa jadi  malah semakin berkembang biak dengan suburnya di tubuhku, hiks,. "Ya Allah, hamba berlindung dari lemak yang berlebih, Aamiin."

Salah satu ikhtiar yang saat ini aku jalani untuk mengusir lemak jahat di tubuh ialah dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti melakukan gerak fisik atau olah raga ringan setiap hari, dan juga mengkonsumsi jus buah-buahan.

Alhamdulillah, dalam satu minggu ini, aku sudah memulai pagi dengan yoga dan minum jus buah. Foto-foto jus sengaja aku share di WhatsApp Story' sebagai self reminder. Sampai akhirnya banyak teman yang bertanya tentang resep dan efeknya ke tubuhku. Sekarang, aku mau berbagi resep jus yang sudah aku buat dalam satu minggu ini yah.

Day 1 : Jus Lidah Buaya, Pepaya, Nanas, Apel
Di  hari pertama, aku membuat jus dengan campuran dari buah nanas dan apel. Campuran dari keduanya akan membuat lemak ditubuh hancur secara bertahap. Kedua buah ini memiliki kandungan vitamin C,A, mineral, hingga serat yang tinggi . Terkhusus Nanas, memiliki kandungan enzim bernama Bromelain yang membantu dalam metabolisme protein. Kandungan protein ini kemudian dapat memangkas lemak di dalam tubuh serta menekan nafsu makan.

Ditambah lagi dengan manfaat dari buah pepaya dan lidah buaya yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, hingga detoksifikasi yakni mengeluarkan racun Berbahaya dalam tubuh. Keempat buah-buahan tersebut, bisa diracik menjadi jus sehat dengan citarasa yang menyegarkan seperti berikut ini:

Bahan:
1/2 buah Apel
1/4 buah pepaya
50 gr daging lidah buaya
1/4 buah Nanas

Cara membuat:
* Potong-potong semua buah, masukkan ke dalam blender, tambahkan air dingin secukupnya.
* Untuk volume air, saya biasanya menggunakan air mineral dingin setinggi buah yang ada di dalam blender. Asal buah tenggelam aja, jadi tak terlalu banyak pun terlalu sedikit.

Day 2 : Jus Semangka dan Daun Mint
Jika biasanya semangka disajikan dalam bentuk potongan, dihari kedua ini aku membuatnya menjadi jus segar dengan campuran daun herbal mint yang wangi.

Semangka merupakan buah yang memiliki banyak air. Sangat tepat untuk membuang racun di dalam tubuh, sebagai sumber Citrulline dan terkandung asam amino yang dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Dikombinasikan dengan daun mint yang tinggi antioksidan yang berperan menangkal radikal bebas dalam tubuh, terciptalah jus segar yang kaya akan manfaat. Berikut resepnya:

Bahan:
1 genggam daun mint segar
1/4 buah semangka dari 1 buah semangka

Cara membuat:
* Semua bahan diblender dengan sedikit air, karena sifat dari buah semangka sendiri memiliki kandungan air yang tinggi.

Day 3 : Jus Nanas, Mentimun, Daun Mint
Di hari ketiga ini, aku membuat jus dari mentimun, nanas, dan mint. Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin dan pembersih. Selain itu, mentimun juga kaya akan vitamin A,B,C, serta mineral. Kandungan serat dalam mentimun dapat mengusir racun dalam sistem pencernaan. Sehingga sistem pencernaan menjadi lebih sehat. Dipadukan dengan Buah Nanas, dan daun Mint, akan menambah manfaat dengan rasa yang segar pastinya. Berikut resepnya:

Bahan:
1/4 buah Nanas dari 1 buah Nanas
1 buah Mentimun segar tanpa dikupas
1 genggam Daun Mint segar

Cara membuat:
* Semua bahan diblender menggunakan air dingin secukupnya, asal buah tenggelam saja.
* Untuk airnya, terkadang saya menggunakan air kelapa ketika di pasar ada.

Day 4 : Mentimun, Seledri, Air Lemon, Sarang Madu
Tak terasa yah, sudah sampai di hari keempat. Biar lebih bervariasi lagi, aku menemukan resep jus dengan padu padan yang masih asing di telinga. Yups, Seledri. Ternyata, Seledri memiliki banyak manfaat yang tak hanya dipakai sebagai penyedap sayur sup. Tapi juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Karena mengandung banyak nutrisi yang menunjang kesehatan tubuh, meliputi: serat, asam folat, vitamin A, C, K, Kalium, zat besi, magnesium, flavonoid, hingga antioksidan.

Untuk meminimalisir rasanya yang sedikit langu, aku mencampurkannya dengan mentimun dan air lemon, serta sarang madu yang juga tak kalah kandungan nutrisinya. Sehingga, citarasa yang dihasilkan begitu segar dan nikmat. Berikut resepnya:

Bahan:
1 buah Mentimun
3 batang Seledri beserta tangkainya
1 buah lemon lokal
2 sdm Sarang Madu

Cara membuat:
*  Semua bahan diblender menggunakan air dingin secukupnya, asal buah tenggelam saja.

Day 5 : Jus Apel, Tomat, Semangka
Di hari kelima ini, campuran jus buah yang aku buat terdiri dari Tomat, Apel, dan Semangka.

Tomat memiliki antioksidan tinggi yang disebut Likopen. Zat ini dapat memerangi radikal bebas penyebab kanker. Buah dengan warna oranye cenderung merah merah ini, juga kaya akan vitamin A,C , folat, dan kalium. Sehingga manfaat tomat ini sangat banyak sekali. Apalagi jika dipadukan dengan buah apel dan semangka menjadi sebuah jus. Sudah pasti akan menjadi superfood dengan rasa yang menyegarkan. Membuatnya pun cukup mudah, berikut resepnya:

Bahan:
1 buah Apel
1 buah Tomat
1/4 buah Semangka

Cara membuat:
* Semua bahan diblender menggunakan air dingin secukupnya, asal buah tenggelam saja.

Day 6 : Jus Buah Naga dan Pisang
Di hari ke enam ini, aktivitasku cukup padat. Sehingga aku membuat jus dari buah naga merah dan pisang yang mengenyangkan. Biar awet gak kelaperan sampai siang, hehehe.

Siapa sangka jika buah  naga yang memiliki warna merah mencolok ini kaya akan protein, namun rendah lemak dan karbohidrat. Sehingga sangat cocok dijadikan sajian lezat untuk menurunkan berat badan. Dipadukan dengan pisang yang kaya kandungan gizinya, bisa menjadi alternatif untuk sarapan sehat dan simple. Berikut resepnya:

Bahan:
1/2 Buah Naga
5 Buah Pisang Ulin kecil

Cara membuat:
* Semua bahan diblender menggunakan air dingin secukupnya, asal buah tenggelam saja.

Day 7 : Jus Bit, Jeruk, dan Sarang Madu
Di hari ke tujuh ini, aku membuat jus dari buah bit yang sudah aku campur dengan jeruk dan sarang madu (honey comb).Manfaat buah bit didapat dari nutrisi yang terkandung didalamnya seperti karbohidrat, protein, serat, serta vitamin dan mineral seperti vitamin C, Folat, kalium, magnesium, sodium, dan zat besi. Bit rendah lemak dan kalori, serta tidak mengandung lemak jenuh pun kolesterol. Selain itu, bit juga tinggi antioksidannya. Jika dijus bersama dengan buah jeruk dan sarang madu, akan menjadi sajian sehat yang kaya akan manfaat untuk kebugaran tubuh. Berikut resepnya:

Bahan:
2 Buah Bit berukuran sedang
3 Buah jeruk peras
2 sdm Sarang Madu

Cara membuat:
*  Semua bahan diblender menggunakan air dingin secukupnya, asal buah tenggelam saja.

Kombinasi Buah dan Manfaatnya

Resep-resep yang sudah aku praktekkan di rumah, merupakan hasil dari berseluncur di dunia maya dengan komposisi yang sudah aku sesuaikan, sehingga memiliki cita rasa yang enak, segar, dan tidak eneg sama sekali. Terkait manfaat dari masing-masing buah, aku mengutip dari beberapa website kesehatan seperti halodoc dot com, hallo sehat, kompas healthy, dan CNN.

Buah-buahan seperti Nanas, Mentimun, Semangka, Apel, Lemon, Buah Bit, Pepaya, Lidah Buaya, Daun Mint, dan Seledri, memiliki kandungan vitamin dan berbagai mineral penting yang dapat meningkatkan kesehatan. Mulai dari menjaga keseimbangan cairan, menurunkan berat badan, hingga mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Jadi tak heran setelah aku menerapkan minum jus buah setiap pagi, tubuhku terasa lebih segar dan berenergi.

Sedangkan untuk urusan berat badan, terus terang belum mengalami penurunan yang signifikan. Karena dalam 3 hari pertama, BB ku hanya turun 2,5 ons saja. Tapi tak apalah, daripada tidak turun sama sekali. Yang paling utama adalah manfaatnya bagi kesehatan tubuh, untuk selanjutnya,  berat badan akan mencari sendiri angka idealnya. 

Bersambung, 

Komentar

  1. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    BalasHapus

Posting Komentar