Perkuat Penegakan Hukum Tenaga Nuklir, Bapeten Gandeng Polri

Sumber Foto:
Dokumen Facebook BAPETEN

Hai gaes,,, tau gak kalau baru-baru ini, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) telah menggandeng Kepolisian Republik Indonesia (Polri), dalam penegakan hukum ketenaganukliran loh. Eits,, jangan panik dulu ya gaes..! Kerjasama ini bukan karena adanya ancaman bom nuklir atau hal-hal yang menyeramkan lainnya ya. Tapi untuk menguatkan sinergi antara BAPETEN dan Polri.
Foto: Dokumen Pribadi

Sebelumnya nih gaes, antara BAPETEN dan Polri sudah berkolaborasi dengan apik. Misalnya saja pada tahun 2018 lalu, sebagai contoh kongkrit, BAPETEN turut berpartisipasi dalam pengawasan dan pengamanan Asian Games di Jakarta dan Pelembang serta IMF World Bank Summit di Bali. Selanjutnya, pada tanggal 10 Januari 2019, Kepala BAPETEN Jazi Eko Istiyanto dan Kapolri Tito Karnavian telah menandatangani nota kesepahaman (MoU).

Foto: Dokumen Pribadi

Nah, biar lebih mantap kerjasamanya, maka ditandatangani pula Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilakukan oleh Sekretaris Utama BAPETEN, Hendriyanto Hadi Tjahyono dengan Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri, Brigadir Jenderal Polisi Fadil Imran, dalam acara Konferensi Informasi Pengawasan (Korinwas). Konferensi ini merupakan agenda tahunan dari BAPETEN yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2015.  Dalam Korinwas 2019 ini, tema yang diusung adalah tentang "Penegakan Hukum dalam Pemanfaatan Tenaga Nuklir". Acara ini digelar pada Selasa, di Hotel Shangrilla Jakarta,  (30/04/2019).
Foto Dokumentasi Pribadi

Korinwas 2019 dibuka oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohammad Nasir. Ia meminta kepada BAPETEN untuk memberikan edukasi tentang pemanfaatan teknologi nuklir kepada masyarakat. Selain itu, Mohammad Nasir juga mengapresiasi terjalinnya kerja sama antara BAPETEN dan Polri.

Adapun kerjasama antara BAPETEN dan Polri ini, bertujuan untuk memperkuat dan memperketat pengawasan terhadap pemanfaatan teknologi nuklir yang kini semakin dibutuhkan di Indonesia.
Sumber Foto: Dokumentasi
Facebook BAPETEN

Menurut Kepala BAPETEN, Jazi Eko Istiyanto, ia menuturkan "Pemanfaatan teknologi nuklir saat ini semakin banyak dimanfaatkan oleh industri pangan, pertanian, hingga medis,"ujarnya. (Klik disini untuk artikel nuklir sebelumnya)

Pak Jazi menambahkan, teknologi nuklir juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Oleh karena itu dibutuhkan kerja sama dengan Polri untuk pengawasan tenaga nuklir agar pemanfaatannya sesuai dengan prosedur.

Tak hanya itu saja gaes, kerja sama ini juga mencakup berbagai macam kegiatan, seperti bantuan pengawasan dan pengamanan, penegakan hukum, berbagai informasi, serta peningkatan kapasitas SDM.
Sumber Foto Dokumentasi
Facebook BAPETEN

Acara yang berlangsung kurang lebih tiga jam ini, memuat banyak informasi baru yang belum pernah aku dengar. Diisi dengan beberapa presentasi sebagai berikut: 

Pertama , “Kebijakan dan Program Penegakan Hukum Tenaga Nuklir di Indonesia” oleh Deputi Perizinan dan Inspeksi BAPETEN Dr. Ir Khoirul Huda, M.Eng., 

Kedua, tentang “Dukungan Polri terhadap BAPETEN dalam Penegakan Hukum Ketenaganukliran” oleh Direktur Tindak Pidana Tertentu Polri (Dirtipidter) Brigjen Pol. Dr. Drs. H.M. Fadil Imran, M.Si.

Ketiga, “Praktik izin Pemanfaatan Tenaga Nuklir di Indonesia” oleh Kepala Dinkes Prov. Jawa Timur dr. Kohar Hari Santoso, Sp.An.KIC.KAP
Foto Dokumentasi
Grup Netizen BAPETEN
(Foto bersama Blogger)

Acara ini juga dihadiri oleh para pemangku kepentingan dari bidang kesehatan, industri, penelitian, asosiasi profesi, kejaksaan tinggi dan juga teman-teman blogger yang tergabung dalam grup Netizen BAPETEN. 

Dialog antara peserta Korinwas dan narasumber berlangsung sangat seru loh. Banyak informasi-informasi baru, baik pertanyaan maupun  saran yang dilontarkan oleh para peserta. Kesemuanya dijawab dan ditanggapi oleh narasumber dengan sangat antusias dan jawaban yang memuaskan pula. Sampai-sampai tak terasa, tiga jam telah berlalu dan acara Korinwas pun ditutup dengan makan siang bersama.

Oh ya gaes, buat teman-teman yang masih menyimpan banyak pertanyaan seputar pemanfaatan teknologi nuklir di Indonesia, teman- teman bisa langsung berkunjung dan bertanya ke website resmi BAPETEN di www.bapeten.go.id

Komentar