Daycare Al-Hadi, Ciptakan Edukasi Islami Sejak Dini

Ruangan Warna Warni di
Daycare Al Hadi
(Foto:dokpri)


Hai Moms,,, ketemu lagi bareng aku (calon Mommy,..Aaamiin) dalam rublik Perenting yang selalu menarik untuk diperbincangkan. Apalagi jika sudah digabungkan dengan perkembangan zaman yang semakin mengglobal seperti saat  ini. Meskipun diriku masih berstatus calom mommy, "Pede aja lagi heheh gak ada batasan status kalau udah ngobrolin parenting,...!" .
By the way aku juga memiliki banyak teman yang merupakan para mommy millennials. Seringkali kami menghadiri event parenting tentang psikologi dan tumbuh kembang anak. Tak sedikit pula dari mereka yang juga bekerja di kantor, sehingga meninggalkan sang buah hati bersama baby sitter maupun neneknya di rumah. Ada juga temanku yang lebih memilih menitipkan anaknya disebuah tempat penitipan anak yang saat ini populer dengan sebutan Daycare.

Bicara soal Daycare nih Moms, aku juga punya teman yang memiliki sebuah tempat penitipan anak. "Any way,.. banyak kan temanku?hihihi,... bukan pamer, tapi fakta di lapangan ho ho ho (just kidding)" 
Baru-baru ini aku diajak main ke DayCare-nya yang berada di kawasan Jakarta Barat. Wah,,, seneng banget pastinya, bisa main ke sebuah tempat yang banyak anak-anak, thanks alot yah Bunda Ani....! 


Bunda Ani
(Foto: dokpri)


Daycare-nya temanku ini, berbeda dengan daycare yang ada pada umumnya loh Moms. Konsep Islami dan berakhlaqul karimah menjadi nilai plus yang tak dimiliki oleh daycare lainnya. Al Hadi Daycare awalnya digagas oleh seorang pengajar di sekolah swasta bernama Anifah Qowiyatun, S.Sos.I. Gagasan itu muncul ketika Bunda Ani memutuskan untuk cuti mengajar selama setahun demi menjaga sang buah hati. Dari situlah Bunda Ani berfikir untuk mendirikan tempat penitipan anak atau daycare. Hal ini bertujuan agar para orang tua yang ingin tetap bekerja bisa tenang meninggalkan buah hatinya. Sehingga mereka tak perlu khawatir lagi, karena anaknya akan diasuh dan diurus oleh orang yang tepat.

Ruang Bermain
(Foto:dokpri)

Siang itu, aku diajak Bunda Ani berkeliling sembari seru-seruan bersama anak-anak yang kesemuanya terlihat sehat dan ceria. Ruangan yang berada di lantai dua ini terlihat banyak sekali mainan, ada kursi, meja, sepeda,dan masih banyak lainnya, yang kesemuanya berwarna-warni, bahkan sampai tangga pun diberikan stiker angka yang warna-warni pula. 
Sentuhan aneka warna ini bukanlah tanpa makna yah Moms, karena keberadaan warna itu sendiri bisa dijadikan sebagai alat untuk berkomunikasi dengan anak, karena memudahkanya menanggapi bahasa. 
Warna juga dapat membantu merangsang psikologis dan motorik anak, terutama bagi anak dengan gangguan defisit perhatian. Dengan warna pula, anak-anak belajar untuk mengekspresikan diri ketika mereka diperbolehkan untuk memilih warna untuk menghias kamar atau memilih pakaian, ,mereka menjadi lebih percaya diri dan membuka lebih banyak kreativitas dan ekspresi.

Belajar Iqra'
(Foto:dokp do)


Nuansa Islami Sejak Dini 

Hal penting yang diterapkan di Daycare Al Hadi adalah sistem pengasuhan dan penbelajaran anak yang bernuansa islami sejak dini. Aku pun benar-benar merasakan kedamaian dan kenyaman, manakala menyaksikan sendiri anak-anak yang sedang bermain sambil bernyanyi menghafalkan huruf hijaiyah. Mereka terlihat sangat asik mengikuti. 

Bunda Ani membuat es krim
Bersama anak-anak
(Foto: dokpri)

Asik MembuatEs Krim
(Foto:dokpri)


Oh iya Moms, waktu aku berada disana, anak-anak sedang sibuk membuat es krim oreo bersama para miss pengasuhnya loh. Ada juga yang membawa donat dari rumah untuk dibagikan ke teman-temannya, Syifa namanya. Jadi mereka juga dikenalkan dengan proses pembuatan makanan dan juga saling memberi antar teman. Selain itu, mereka juga dikenalkan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan seperti mencuci tangan sebelum makan, plus berdoa sebelum makan pastinya.

Melalui bahan makanan yang akan diolah, maupun makanan yang sudah jadi seperti donat yang dibawa Syifa tadi, anak-anak mulai dikenalkan dengan memilih makanan yang sudah memiliki label halal. Pengenalan Halal sejak dini sangatlah penting loh Moms, karena ajaran agama pun sudah memerintahkan untuk mengkonsumsi makanan yang halal dan tayib.

Kamar Tidur yang Terpisah
(Foto:dokpri)


Tak melulu soal makanan halal dan menjaga kebersihan aja yah Moms. Day Care Al Hadi juga menerapkan edukasi tentang interaksi anak yang berlainan jenis kelamin. Hal ini terlihat jelas dengan adanya kamar tidur yang terpisah antara anak laki-laki dan anak perempuan. 

Tahfidz Al-Quran di Al Hadi

Tahfidz Al-Quran atau menghapal Al-Quran di Daycare Al Hadi juga di terapkan sejak dini Moms. Dimulai dari pengenalan dan menghafal huruf hijaiyah, mengaji iqra' , sampai dengan menghafal surat-surat pendek dalam Al-Quran seperti surat Al-Fatihah, Annas, Al Falaq, dan surat pendek yang lainnya. Untuk melihat keseruan anak-anak tahfidz Al-quran, moms bisa melihat video berikut yah.
L


Bermain dan Belajar di Luar Ruangan

Kegiatan mengasuh anak-anak di Daycare Al Hadi tak hanya di dalam ruangan saja Moms. Para pengasuh seringkali mengajak anak-anak untuk bermain dan belajar di luar ruangan. Di halaman Daycare terdapat beberapa fasilitas permainan seperti ayunan, dan lain sebagainya.

Halaman depan Daycare Al Hadi
(Foto: dokpri)

Fasilitas Bermain di Luar Ruangan
(Foto:dokpri)


Mengingat lokasi daycare yang dekat dengan pasar tradisional, anak-anak juga diajak untuk belajar melakukan jual beli di pasar dengan didampingi pengasuhnya yang akrab dipanggil miss. Saat ini, Daycare Al Hadi memiliki 25 anak yang diasuh oleh 9 miss dan 1 Kepala Sekolah. Jadi, Moms tak perlu kawatir untuk menitipkan sang buah hati di Daycare Al Hadi.

Pentingnya Day Care Islami dan RPTRA di Jakarta 


Foto Bersama Miss dan Bunda Ani
(dokpri)


Anak-anak yang dititipkan di Daycare Al Hadi tak semuanya berasal dari keluarga yang berada Moms. Terkait biaya, Bunda Ani memaparkan bahwa ada satu atau dua anak yang mendapatkan dispensasi biaya, meskipun di Daycare Al Hadi biayanya relatif terjangkau. Bunda Ani mengaku prihatin melihat kondisi anak di zaman sekarang ini, terkhusus di Jakarta. Ketika mereka di tinggal orang tuanya bekerja, mereka sangat minim sekali pengawasan. 

"Ujung-ujung larinya yah ke handphone lagi, penggunaan handphone pun tanpa pengawasan orang tua. Tau sendiri kan, dunia internet saat ini begitu luas tanpa batas. Bayangkan saja, saya pernah menjumpai seorang anak yang sedang duduk di RPTRA, asik melihat foto-foto orang dengan pakaian terbuka melalui hp-nya itu." Jelas Bunda Ani.

Miris juga yah Moms mendengarnya. Padahal usia dini adalah usia cemerlang dimana anak sangat jelas daya ingat dan daya tangkapnya terhadap informasi yang masuk. Oleh karena itu, sebenarnya keberadaan daycare islami sangatlah dibutuhkan untuk semua kalangan anak, baik dari keluarga berada maupun yang lainnya. Karena pembelajaran agama sejak dini sangatlah berpengaruh dan akan menjadi bekal untuk kehidupan mereka di kala sudah dewasa. 

Di Jakarta sendiri, keberadaan day care islami sangatlah jarang. Tak sebanyak Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) yang menjadi tempat favorit anak-anak bermain. Tapi sangat disayangkan pula jika anak-anak yang berada di RPTRA malah asik bermain handphone tanpa pengawasan orang tua. 

Anak-anak yang dititipkan di Daycare Al Hadi sendiri sesekali waktu juga diajak untuk bermain dan belajar di RPTRA yang lokasinya tak jauh dari daycare. Kalau boleh berpendapat yah Moms, keberadaan Daycare Islami di Jakarta ini sangat perlu berkolaborasi dengan keberadaan RPTRA, mengingat antusiasme anak-anak yang membutuhkan lahan bermain namun tetap ramah buat mereka. Apalagi diiringi dengan edukasi islami sejak dini. Aku yakin sekali, generasi penerus bangsa ini akan menjadi generasi cemerlang beraklaqul karimah. 

Foto: dokpri


So' buat para Moms, tak perlu ragu lagi untuk menitipkan sang buah hati di Daycare Al-Hadi, karena aku sendiri sudah melihat secara langsung proses dan suasana bermain yang kental dengan edukasi Islami yang menyenangkan. Terkait biaya, Daycare Al Hadi sangatlah terjangkau Moms. Untuk keterangan harga dan informasi lainnya, Moms bisa langsung menghubungi contact person di bawah ini yah.




Lokasi Daycare Al Hadi 
Jl. Taman Aries Blok F No.8 Kembangan,
Jakarta Barat 11620 Telp:(021)58544
E-mail: alhadiaries8@gmail.com
www.Alhadidaycare.com
Cp: Bunda Ani - 081289497397
       Miss Titin - 085892362754




Komentar

  1. Kadang daku susah membedakan daycare dengan PAUD. Karena sama-sama anak-anak. Mungkin hampir sama kali yah. Dan adanya daycare membantu untuk tumbuh kembang anak

    BalasHapus

Posting Komentar