Nikmatnya Rendang Daging Kerbau

Rendang Daging Kerbau



Berawal dari rasa penasaran dengan banyaknya daging kerbau yang berjajar rapi di sebuah supermarket, akhirnya saya pun bertekat untuk membelinya. Apalagi kata si mbak pramuniaga yang menjaga counter daging mengatakan bahwa daging kerbau saat ini sedang naik daun alias banyak diminati oleh pembeli. Faktor utama yang membuat daging kerbau naik daun adalah harganya yang relative lebih murah dibandingkan dengan daging sapi. 

Selain itu, berdasarakan beberapa informasi yang saya baca, daging kerbau memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dari daging sapi. Jika dilihat dari nilai gizinya, ternyata ada perbedaan yang jelas antara daging kerbau dan daging sapi. 

Dalam 100 gram daging kerbau mengandung kalori sebanyak 79 kkal, protein 18,8 gram, lemak 0,5 gram, kalsium 14 mg, dan zat besi 3,3 mg.

Sedangkan dalam 100 gram daging sapi mengandung kalori sebesar 201 kkal, protein 18,8 gram, lemak 14 gram, kalsium 11 gram, dan zat besi 2,8 mg.

Jika dilihat dari kandungan kalori serta lemak pada daging sapi lebih besar dibandingkan dengan daging kerbau. 

Sedangkan untuk kandungan protein, kalsium dan zat besinya hampir sama dalam 100 gram nya. Untuk warna dan teksturnya sangat terlihat jelas perbedaannya. Warna daging kerbau lebih merah gelap, sedangkan untuk tekstur serat dari daging kerbau lebih besar sehingga membutuhkan waktu yang sedikit lama dalam memasaknya.


Dan pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi cerita tentang pengalaman pertama saya dalam mengolah daging kerbau menjadi rendang yang lezat. Bahkan keluarga saya tidak sadar bahwa rendang yang saya masak terbuat dari daging kerbau.


Seperti yang telah kita ketahui bersama dalam memasak rendang memerlukan waktu antara 3 sampai 4 jam, untuk menghasilkan rendang yang benar-benar empuk dan berwarna gelap. Saya taunya juga dari tetangga yang asli orang Padang. Jadinya, saya langsung belajar dari ahlinya. Untuk lebih jelasnya, berikut saya sertakan resep beserta cara memasaknya:



Bahan:


1kg daging kerbau

1 liter santan encer dari ½ butir kelapa

½ liter santan kental dari 1 butir kelapa


Bumbu halus:


15 siung bawang merah

11 siung bawang putih

7 butir kemiri sangrai

1 sdm ketumbar sangrai

1 sdt jintan

1 ruas jahe

1 cm kunyit bakar

1 ruas lengkuas

25 buah cabe keriting


Bumbu utuh:


2 lembar daun kunyit

5 lembar daun jeruk

2 batang sereh

1 buah asam kandis


Cara memasak:


1. Didihkan santan encer bersama bumbu halus, kemudian masukkan daging kerbau yang sudah dipotong sesuai selera, tambahkan bumbu utuh, garam dan gula secukupnya.


2. Setelah mendidih dan terlihat berminyak, kecilkan api, kemudian masak sampai daging menjadi empuk.

3. Terakhir, masukkan santan kental, masak kembali sampai kuah menyusut atau kering sesuai keinginan.

4. Untuk mendapatkan rendang yang empuk memerlukan waktu sekitar 2 sampai 3 jam, dan jika menginginkan rendang yang kering dan berwarna gelap serta tahan lama, tambahkan waktu 1 jam lagi menggunakan api kecil.


Nah, mudah kan membuatnya. Rasanya dijamin lezat menggugah selera. Selamat mencoba yah :)

Komentar