Kepedulian Danone Terhadap Bakat dan Kesejahteraan Karyawannya




Bahagia sekali bisa berkesempatan untuk mengikuti diskusi bersama teman bloggers dalam acara “Discovering Talent Management at Danone” yang diselenggarakan oleh Danone Indonesia pada hari Selasa, 08 Mei 2018 bertempat di Danone Academy Indonesia, lantai 9 Tower Cyber 2, Jl.H.R.Rasuna Said Kav X5 no13, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950. Tujuan diadakannya diskusi ini adalah untuk meningkatkat pemahaman masyarakat khususnya calon kandidat akan manajemen bakat yang telah dilakukan oleh Danone Indonesia. Program ini diselenggarakan juga untuk menginformasikan beragam bentuk komitmen Danone Indonesia terhadap karyawannya.

Rangkaian acara diskusi siang ini diawali dengan pengetahuan tentang company profile perusahaan.
Danone adalah salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang memiliki visi misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang dan beroperasi di 160 negara dengan jumlah karyawan lebih dari 100.000 orang di seluruh dunia. Di Indonesia, bisnis Danone terdiri atas tiga katergori utama, yaitu Air Minum dalam kemasan dan Minuman Non Karbonasi, Nutrisi untuk Awal Kehidupan (Early Life Nutrition) dan Nutrisi Medis. Di Indonesia, Danone memiliki 22 pabrik dan 2 mini plant dengan jumlah karyawan lebih dari 15.000 orang. Danone Group Indonesia berkomitmen untuk menciptakan lingkungan dan suasana kerja yang ramah dan ramah keluarga.



Arif Mujahidin selaku Coorporate Communication Director Danone Indonesia menjelaskan “Sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk membawa kesehatan melalui makanan, kami ingin misi ini dapat memberikan dampak positif kepada sebanyak mungkin orang, dari segala usia, lingkungan sosial dan budaya yang berbeda, termasuk karyawan kami. Kami percaya talent management adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan bagi lebih dari 15.000 karyawan Danone Indonesia yang berasal dari tiga unit bisnis kategori yaitu Air Minum dalam Kemasan dan Minuman Non Karbonasi, Nutrisi untuk Awal Kehidupan (Early Life Nutrition) dan Nutrisi Medis agar mereka dapat terus berkontribusi membawa misi kami ke lingkungan sekitar mereka.”

Untuk memastikan karyawannya agar dapat terus berkembang, berikut adalah inisiatif yang dilakukan Danone Indonesia sebagai bentuk talent management bagi karyawannya:

1. Jaguar Program: Danone memberikan kesempatan kepada karyawannya yang berada di tingkat manager untuk terlibat dalam proyek antar negara

2.Endeavor Program: ialah program pengembangan karyawan untuk menduduki posisi manager 

3.International Assignmen: secara regular kami mengirimkan karyawan kami ke Perusahaan Danone di negara lain, untuk mendapatkan pengalaman internasional. Dengan International assignment ini, mereka dapat membangun karirnya di lingkup yang lebih luas 

4.Talent assessment and development: Untuk memastikan bahwa talent yang kita miliki sesuai dengan kriteria standar yang ditetapkan oleh Danone secara Global, kami melakukan penilaian dan mapping seluruh karyawan Danone Indonesia yang kemudian dikalibrasi oleh talent committee di tingkat departemen, business unit dan Negara (cluster) 

5.Management Trainee Danone Indonesia: ialah program percepatan jalur karir, bagi para fresh graduate untuk menjadi pemimpin perusahaan, dimana mereka akan mendapatkan pelatihan, dukungan pengembangan diri dan terlibat dalam proyek-proyek menantang. 
Setiap tahunnya, kami merekrut sekitar 60 Management Trainee dari universitas terbaik dari dalam maupun luar negeri dengan penempatan di departemen yang berbeda. Pelamar untuk program ini meningkat setiap tahunnya, tahun lalu kami menerima lebih dari 40.000 pendaftar untuk program ini.  

Selain program talent management, Danone Indonesia juga berkomitmen untuk mendorong karyawan perempuannya agar bisa berkarir cemerlang namun tetap dapat memperhatikan kesejahteraan keluarganya. Hal ini dibuktikan dengan Parential Policy yang dikeluarkan dalam bentuk cuti melahirkan 6 bulan bagi karyawan wanita dan cuti 10 hari bagi karyawan laki-laki yang istrinya sedang melahirkan.



“Danone menyadari bahwa 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) adalah masa kemasan anak agar mereka tumbuh optimal. Parental Policy kami keluarkan untuk mendukung upaya pemenuhan hak perempuan dan anak atas pengasuhan dan tumbuh kembang yang baik sebagia upaya mendukung kualitas generasi Indonesia di masa depan,” ujar Evan Indrawijaya, HR Director Danone ELN Indonesia.

Bentuk dukungan lainnya kepada perempuan dilakukan Danone Indonesia untuk karyawan perempuannya ialah dengan upaya membangun budaya keberagaman jumlah inklusif (Inclusive Diversity), yang bertujuan untuk meningkatkan representasi perempuan di tingkat direktur hingga presiden direktur untuk memimpin bisnis Danone Indonesia.



Sebagai seorang perempuan yang berhasil dalam karirnya, Corine Tap – Presiden Direktur PT. Tirta Investama (Danone-AQUA) mengatakan “Keberagaman merupakan bagian dari budaya perusahaan karena kami percaya bahwa latar belakang karyawan yang beragam dapan mendorong organisasi untuk lebih maju dan sehat. Di Danone Indonesia, kesempatan untuk berkembang tidaklah terbatas pada jenis kelamin baik pria maupun wanita. Saya adalah presiden direktur perempuan yang sangat merasakan dukungan oleh Danone Indonesia dalam mengembangkan karir saya.”



Hadir juga dalam diskusi siang ini Gustavo Hildenbrand – General Manager Nutricia Sarihusada yang mengatakan “Saya melihat dengan dukungan dan bimbingan, karyawan kami dapat bertanggung jawab untuk membentuk karier mereka sendiri dan berkontribusi terhadap kinerja bisnis. Selain itu, saya juga menyadari bahwa karyawan yang bergabung di Danone memiliki tujuan lebih daripada sekedar bekerja, yaitu untuk belajar dan berkontribusi pada dunia yang lebih sehat. Saya berharap, dengan apa yang kami lakukan dapat menginspirasi karyawan untuk terus berkontribusi pada dunia yang lebih sehat serta berdampak juga terhadap masyarakat luas.



Dan sekarang waktunya "Meet The Talent" bersama:

1. Dwinta Astarini, Senior Brand Manager Nutricia
2. Jovita Anggraeni, Sppy Chain Network Optimization
3. Dedy Suwarto, Head Of Commercial Finance

Sharing yang begitu menarik bersama ketiga MT Star Danone Indonesia yang sudah bersinar karirnya sampai ke luar negeri di usia mereka yang masih muda . Pengalaman yang sungguh menyentuh tentang kenyamanan yang diperoleh ketika awal mula bergabung dan bekerja di Danone. Keterbukaan perusahaan untuk mendengarkan dan memberikan kepercayaan kepada mereka sangatlah berpengaruh terhadap keberhasilan mereka.  Salah satu faktor penting dalam pengelolaan sumber daya manusia adalah talent management. Dengan talent management tersebut, karyawan dapat mengembangkan keahlian dan profesionalitasnya sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan tempat mereka bekerja.

Dari beberapa pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa Danone tempat nyaman untuk bekerja. Dan menjadi tujuan favorit bagi mereka yang sedang mencari lowongan pekerjaan di Jakarta. Mengenai lowongan pekerjaan di Danone Indonesia, hadir juga Dewi Suryani selaku Management Trainee and Employer Branding Manager Danone Indonesia yang menjelaskan tentang alur rekrutmen MT Star Danone 2018. Berikut pemaparannya:



1.       Application
Para kandidat mendaftarakan diri melalui link www.dancommunity.com/mtstar (tidak ada link lainnya)
2.       CV Sreening
HR Team menyeleksi CV yang masuk dan hanya yang memenuhi persyaratan yang akan diberi invitation untuk Online Assessment
3.       Online Assessment
Para kandidat mengerjakan Online assessment pada waktu yang telah ditentukan
4.       Leaderless Group Discussion (LGD) 4-6 kandidat dalam sebuah grup berdiskusi untuk memecahkan suatu masalah
5.       HR Interview
Pada tahap ini setiap kandidat diinterview oleh HR Team
6.       User & Director Interview
Pada tahap ini setiap kandidat akan dijadwalkan untuk diinterview oleh User dan Director
7.       Final Assessment
Para kandidat yang lolos interview akan disinvite untuk melakukan Final Assessment berupa Assessment Centre dan MCU

Diskusi berlangsung sangat hangat dan menyenangkan. Teman-teman bloggers sangat antusias mengikuti rangkaian acara dari awal sampai akhir.




Acara diskusi hari ini diakhiri dengan kunjungan ke office Danone Indonesia yang terlihat begitu indah, nyaman, dan didukung dengan fasilitas kantor yang lengkap tentunya. Adanya tempat khusus untuk Breastfeeding bagi para Ibu menyusui sangatlah terlihat bahwa betapa pedulinya Danone Indonesia kepada kesehatan dan kenyamanan karyawannya. Sebuah visi yang mulia dan terlihat jelas dari Danone Indonesia yaitu One Planet One Health.

Komentar