BAKSO SEHAT DARI JAMUR TIRAM




Assalamu'alaikum Moms,..., Sudah dua hari berturut-turut Ibukota diguyur hujan syahdu yang panjang. Dari pagi sampai malam loh, rintik-rintik romantis gitu.,hehehe.

Biasanya kalau lagi hawa adem gini bawaannya pengen maem makanan yang berkuah hangat. Trus,mau keluar rumah,kok jadinya males buka-buka payung segala. Jadinya, kembali ke dapur sajalah. Memanfaatkan bahan yang ada di kulkas saja, kebetulan masih punya jamur tiram. Mau diolah apa yah?

*****

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membuat bakso dari jamur tiram yang sehat dan non kolesterol. Selain itu, serat pangan yang dimiliki jamur tiram sangat tinggi, bagus untuk melancarkan pencernaan. Kandungan protein, kalsium,vitamin dan mineral pada Jamur Tiram sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh. Rasanya begitu lezat, tidak kalah dengan bakso daging sapi maupun bakso daging ayam. Langsung saja, berikut resep Bakso Jamur Spesial yang menyehatkan.

Bahan:

500 gram Jamur Tiram
7 sdm Tepung Sagu
3 sdm Tepung Terigu
1 butir telur
3 siung bawang putih
1 sdm bawang merah goreng
1 sdt lada bubuk
Garam dan Gula secukupnya

Cara Memasak:

1. Rendam Jamur Tiram dengan air panas selama 15 menit, tiriskan dan haluskan dengan cara diuleg agar tidak terlalu halus dan masih sedikit berserat.
2. Haluskan bawang merah goreng dan bawang putih.
3. Siapkan wadah, campurkan jamur yg sudah diuleg dengan bawang halus,tepung sagu tepung terigu,telur,lada,garam dan gula. Uleni sampai tercampur rata, tidak perlu ditambahkan air, karena jamur tiram sudah mengandung air.
4. Didihkan air dalam panci, bentuk adonan bakso, kemudian masukkan kedalam panci. Rebus sampai matang, tanda sudah matang adalah ketika bakso sudah mengapung dipermukaan air. Angkat, tiriskan.

Bahan Kuah:

1 liter air kaldu (saya masih ada stock air rebusan tulang ayam)
3 siung bawang putih
1 sdt lada bubuk
Garam dan Gula secukupnya
1 sdm minyak untuk menumis

Cara membuat:

1. Haluskan bawang putih, tumis sampai wangi. Dan masukkan kedalam panci berisi air kaldu yang mendidih, tambahkan lada ,Garam dan Gula secukupnya.
2. Siapkan Bakso Jamur dan Tahu Bakso Jamur (resepnya Tahu Bakso,menyusul di postingan ketiga yah), beri pelengkap berupa soun,tauge,sawi daun bawang, seledri,dan bawang goreng. Siram dengan kuah panas.
3. Bakso Jamur Sehat, siap disajikan...

Selamat mencoba yah Moms :)

Komentar