Sup Tofumaja, Menu Sehat Tanpa Penyedap


Semangkuk Sup Tofumaja
Dilihat dari namanya, dijamin pasti belum pernah ada yang dengar sebelumnya? Coba tunjuk tangan kalau sudah ada yang pernah dengar? Itu yang lagi buka handphone sambil tiduran, tahu enggak? Pasti sama juga. Jadi, Sup Tofumaja adalah akronim dari Sup Tomat Tofu Makaroni dan Jamur. Nama memang sengaja dibikin unik dan beda, biar pada penasaran, terus buka blog, baca isinya, dan dapat ilmunya. Lumayan, nambah viewer. Iya, enggak? Tapi, mumpung sudah pada telanjur buka blog, sayang dong kuota kalau langsung mau cabut, dan berseluncur di situs lain. Baca terus yaa …. 

O, ya. Kita kembali bahas soal Sup Tofumaja yang belum jadi fenomenal. Sup ini dibuat pagi tadi, saat kondisi body sedikit kurang fit. Nih, saya kasih bocoran resep dan cara buatnya. Mudah!

Bahan utamanya (untuk 2 porsi):

-          - Tentu saja Tofu (1 bungkus)
-         -  Makaroni (20 gram)
-          - Jamur Kuping
-         -  Satu buah tomat ukuran besar  

Bumbu-bumbunya:

-          -  Lima suing bawang putih
-          - Setengah sendok teh lada
-          - Cengkeh 3 biji (sesuai selera)
-          - Kayu manis secukupnya
-          - Garam
-          - Gula

Cara memasak:

Pertama-tama, panaskan wajan di atas kompor, tumis bawang putih yang sudah lebih dulu dihaluskan dengan sedikit minyak goreng, hingga beraroma harum. Masukkan tomat yang sebelumnya sudah diblender dan dicampur dengan 500 mililiter air, tunggu sampai mendidih. Kemudian masukkan jamur, tofu, dan macaroni, tambahkan gula, garam, dan lada secukupnya. Oya, jamur dan tofunya bisa dipotong sesuai selera. Setelah semua bahan tercampur, tunggu kurang lebih 6 menit, dan angkat dari kompor, letakkan di mangkuk atau piring saji, dan siap dihidangkan. Mudah sekali bukan. Enggak butuh waktu lama. Sup Tofumaja, enak disantap saat hangat. Rasanya hangat, segar, dan menyehatkan.
Potongan tofu, makaroni, dan jamur kuping di dalam sup
Hampir lupa, ini tadi yang masak bukan saya, kawans. Tapi, istri. Ingat, bukan saya. Kalau saya bisanya makan. Tulisan ini sebagai apresiasi suami terhadap kerja keras istrinya menghidangkan beraneka menu setiap hari. Jadi, saya buatlah rubrik khusus: Masakan Istri. Yang isinya beragam menu makanan yang tiap hari saya santap. Jangan kaget ya, karena blognya ada menu baru juga. Biar lebih varitif, tapi tetap orisinil. Siapa tahu bisa jadi inspirasi bagi kawan-kawan yang hari ini bingung mau masak apa? 

Baiklah, jangan lupa dicatat menunya. Semoga bermanfaat. Bagi yang ingin tahu besok saya dimasakkin apa? Pantau saja di sini. Terima kasih. Selamat mencoba. Semoga berhasil!




Komentar