Signify Suguhkan Pameran "City of Light" yang Canggih


Keindahan Menara "Gaze of Light"
(Foto by Aida)

Salah satu hal yang membuatku bahagia adalah melihat cahaya lampu yang bersinar diantara kegelapan malam. Sedari kecil, cahaya lampu menjadi senjata ampuh yang digunakan ibu untuk menenangkanku dikala tantrum mendera, baik di siang hari maupun malam hari. Bahkan sampai dewasa pun, aku masih mencintai cahaya lampu. Ketika suasana hati lagi kurang bersahabat, hal mudah yang aku lakukan adalah memainkan senter di dalam kamar. Cukup menggeser tombol on/off pada gagang senter secara berulang-ulang, dan mengarahkannya keatas plafon kamarku. Hal sederhana ini, perlahan-lahan bisa mengubah suasana hati yang lebih baik. Sempat kepikiran juga sih, tentang hal yang aku lakukan ini. Mungkinkan ada semacam hubungan psikologis antara nama yang diberikan ibu untukku, yakni: Nur Aida, yang kurang lebih memiliki arti: Cahaya Kebaikan. Oh Ibu,.. Terima kasih untuk nama yang indah ini.

Suasana di Sekitar Menara
(Foto by Aida)

Bicara soal keindahan, setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam mengartikannya. Namun, ada satu kesamaan yang dimiliki untuk mengungkapnya, yaitu keindahan cahaya yang mampu membuat orang enggan untuk mengedipkan mata barang sejenak. Sebuah moment keindahan cahaya yang belum pernah aku nikmati sebelumnya.


 Tampak sebuah menara setinggi 16 meter yang terlihat begitu indah memanjakan mata. Kilauan cahaya yang dipancarkan, berhasil menyedot sekaligus menghibur para pengunjung di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta. Senayan City berhias cantik untuk merayakan kemeriahan akhir tahun dan tahun baru. Tepat di tengah-tengan Main Atrium, berdiri "Gaze of Light" yang memukau. Disinilah pameran cahaya dekoratif oleh Signify digelar, dan akan menjadi bagian dari perayaan FSTVE yang berlangsung mulai 1 Desember 2018 hingga 3 Januari 2019.
Foto Bersama di depan Menara
(Foto by Aida)

Dengan menggunakan aplikasi pencahayaan yang terkoneksi Interact Landmark, Signify menggandeng Senayan City untuk menyuguhkan "City of Light". Sebuah pencahayaan inovatif Signify yang canggih bagi para profesional dan konsumen. Tehnologi inovasi yang ditampilkan perusahan Signify adalah Interact IoT (Internet of Think) platform, yang sekarang diperkenalkan di Indonesia setelah sukses diluncurkan secara global pada awal tahun ini.


Mr.Rami Hajjar dalam sambutannya
(Foto by Aida)

Country Leader untuk operasi/bisnis Signify Indonesia, Rami Hajar dalam sambutannya mengatakan bahwa "Di Signify, kami menggunakan teknologi untuk menerjemahkan cahaya menjadi bahasa cerdas yang menghubungkan dan menyampaikan makna. Dengan menghubungkan pencahayaan ke dan melalui jaringan, perangkat lunak, sensor, dan platform IoT, kami membuka potensi cahaya yang luar biasa." 

Speechless ! itulah yang terjadi padaku manakala menikmati kilauan cahaya yang di suguhkan. Lantas, apa sih yang dimaksud dengan Interact IoT itu.

Sekilas Tentang Interact IoT

Mudahnya mengatur cahaya dengan
satu sentuhan, pengoperasian Interact IoT
(Foto by Aida)
Interact Interner of Thing (IoT) adalah sebuah platform berbasis awan (cloud) yang sangat aman dan terukur. Menggunakan management data dan kemampuan pemrosesan data yang canggih dan modern, termasuk pembelajaran mesin, untuk menghadirkan pemahaman bagi semua jenis data. Menciptakan layanan data yang diaktifkan bagi pelanggan, sehingga memberikan manfaat melebihi sekadar pencahayaan. Desain penanganan datanya dikumpulkan dari titik lampu, perangkat, dan sistem sensor yang terkoneksi, serta terus bertumbuh untuk memberikan wawasan manfaat yang baru.


Penjelasan Interact IoT
(Foto by Aida)
Interact juga merupakan nama sistem pencahayaan yang terkoneksi. Tidak hanya mendukung pelanggan untuk meningkatkan pengalaman pencahayaan mereka saja, tetapi juga dapat menghasilkan dan mengunggah data ke Interact IoT platform. Sistem pencahayaan yang terkoneksi ini, menawarkan pengalaman pengguna terpadu, menampilkan aplikasi yang membahas kebutuhan spesifik industri secara vertikal. Saat ini sudah tersedia sebagai berikut:

* Interact City untuk penerangan ruang publik, jalan raya, jalan umum, kawasan pejalan kaki, taman, dan alun-alun.
* Interact Office untuk kantor dan gedung komersial
* Interact Industry untuk pabrik, gudang, dan pusat logistik
* Interact Landmark untuk pencahayan arsitektur
* Interact Hospitality untuk hotel
* Interact Sport untuk stadion
* Interact Retail untuk ritel besar dan toko makanan

Kolaborasi Apik: Signify dan Senayan City
Foto Bersama di depan panggung
(Foto by Aida)
Sebagai salah satu tempat tujuan belanja di Jakarta, Senayan City terus berupaya memberikan suguhan yang menarik dan menghibur para pengunjung. "City of Light merupakan pusat atraksi dari instalasi Main Atrium tahun ini. Dengan menggunakan suara dan efek pencahayaan yang menarik, Signify bersama Senayan City menyuguhkan menara "Gaze of Light" yang akan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para pengunjung". Kata Halina Ng, Leasing & Marketing Communication Director Senayan City.
Ibu Halina Ng
(Foto by Aida)

Pameran "City of Light"
Menara "Gaze of Light" yang indah tersebut, ternyata menggunakan lampu sorot LED eksterios yang dapat disesuaikan dari Philips Color Blast Compact dan Philips Blast Powercore dengan pencahayaan warna cerdas yang dapat di control melalui satu papan kendali (dasbor). Perlengkapan LED tersebut menggabungkan warna putih dan warna lainnya yang kaya dan cerap (saturated) serta efek perubahan warna dengan instalasi yang sederhana. 
Para pengunjung dapat menikmati atraksi cahaya yang menakjubkan, memberikan sensasi lebih dari sekadar pencahayaan setiap hari pada pukul 12:00, 15:00, 18:00, dan 20:00.
Salah satu booth desain cahaya rumah
(Foto by Aida)


Kilauan cahaya yang dipamerkan dalam "City of Light", tidak berhenti pada menara "Gaze of Light" saja. Aku beserta teman-teman blogger dan rekan media, diajak berkunjung menikmati kecanggihan cahaya yang beragam di beberapa booth yang telah di design menakjubkan. 

City of Light dibangun sebagai miniatur kota modern di area seluas 450 meter persegi, yang dibagi menjadi beberapa bagian yang dibuat mirip dengan aplikasi pencahayaan yang sesungguhnya seperti di kantor, monumen kota, area ritel, kamar hotel dan rumah.

Pencahayaan Kamar yang Indah,
 di salah satu booth pameran
(Foto by Aida)
Jika biasanya di malam hari kita terbangun untuk pergi ke kamar mandi dengan menyalakan lampu, sekarang tidak perlu lagi. karena  saat ini sudah ada sistem pencahayaan canggih dengan sensor gerak yang telah  disesuaikan dengan kebutuhan. 
Pencahayaan di booth dekorasi rumah
(Foto by Aida)
Untuk desain pencahayaan rumah pun bisa dipilih sesuai keinginan yang menyenangkan. Ketika aku mengunjungi Zona Pengalaman Hue, aku membayangkan sembari berharap suatu saat nanti bisa memiliki pencahayaan rumah pintar yang membuat hidupku semakin bergairah setiap harinya. Waktuku di rumah pastilah lebih berkwalitas dengan menggunakan warna untuk mengubah suasana ruang tamu menjadi bioskop rumah atau memilih cahaya optimal untuk membantu berkonsentrasi lebih baik dalam mengalirkan inspirasi yang nantinya akan tertuang dalam sebuah karya yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Oh indahnya ! 

Komentar