Kocak yang Berfaedah di Film Orang Kaya Baru

Foto dok: Instagram OKB

Kocak yang berfaedah. Itulah yang saya rasakan ketika menikmati film Orang Kaya Baru (OKB) dan Press Screening bersama all stars OKB yang diputar untuk pertama kalinya di XXI Plaza Senayan, Senin 21 Januari 2019. 

Film yang diproduksi oleh Screenplay Films dan Legacy Picture ini, terbukti sukses membuat para awak media ngakak dari awal hingga akhir pemutaran film. Tak hanya ngakak saja, film yang bergenre komedi ini benar-benar berbeda dengan film-film yang memiliki genre yang sama. Nilai-nilai kehidupan yang disampaikan dalam film, dikemas sangat ringan dalam bentuk komedi seru yang mengalir alami.

Tontonan drama komedi keluarga ini, mengisahkan sebuah keluarga yang hidup dalam kondisi pas-pasan.Tika (Raline Shah), Duta (Derby Romero), serta Dodi (Fatih Unru) merupakan saudara kakak beradik yang selalu bisa berdamai dengan situasi apapun. Karena sedari kecil, mereka sudah dilatih untuk mendapatkan sesuatu dengan susah payah dan selalu mensyukuri apa yang mereka miliki meski dalam kondisi kekurangan.
Foto dok Instagram OKB

Kepribadian mereka terbentuk tak lain berkat didikan kasih sayang nan hangat dari ibu bapak mereka (Cut Mini dan Lukman Sardi). Dalam kondisi apa pun mereka mampu mengemas kekurangan menjadi sebuah kelebihan yang membahagiakan.

Namun, kondisi keluarga mereka mendadak berubah usai kepergian bapak secara tiba-tiba. Kesedihan dan isak tangis mulai menutupi keriangan yang ada. Sosok bapak yang selama ini menjadi panutan keluarga, kini sudah pergi untuk selamanya. Lantas, mampukan mereka melanjutkan hidup tanpa sosok yang berpengaruh dalam keluarga tersebut?

Well, cerita tak berhenti ngambang disini. Justru drama kehidupan keluarga ini dimulai dari wasiat almarhum bapak yang ternayata meninggalkan warisan berupa sejumlah uang dengan nominal yang cukup menggiurkan.

Hidup mereka pun berubah drastis. Dan dari sinilah muncul kejadian-kejadian yang tidak sesuai dengan bayangan mereka. Keberadaan uang yang selama ini mereka anggap mampu memberikan kebahagiaan, justru berbanding terbalik dari ekspektasi. 

Film ini tak sebatas persoalan keluarga saja, tapi juga kental dengan kisah persahabatan yang apik. Yang lebih menarik lagi, film ini dibumbui dengan adanya romansa manis antara Tika dan Bayu (Raline Shah dan Refal Hady). Kehadiran sosok Bayu dinilai mampu menorehkan pribadi yang kuat sebagai figur yang layak dijadikan contoh dan penyemangat bagi generasi muda di Negeri tercinta ini.
 
Press Screening
Foto: Dokpri


Hadirnya film OKB  ini makin spesial karena disutradarai oleh Ody C. Harahap yang terbukti sukses menggarap beberapa film komedi sebelumnya. Ditambah lagi dengan naskah komedi dari Joko Anwar yang menuangkan impiannya sedari kecil melalui film OKB ini. Tak heran jika kolaborasi dari kedua filmmaker handal ini berhasil menyajikan film drama komedi yang mengundang gelak tawa, namun tetap syarat akan makna.

Sebagai sutradara, Ody berusaha memunculkan kelucuan secara nyata dan mengalir alami. "Kaya secara mendadak pasti pernah menjadi khayalan semua orang. Film ini ingin menunjukkan reaksi yang natural dari orang yang biasa hidup pas-pasan lalu mengalami keadaan yang tak disangka tersebut. Komedinya dijaga supaya tidak lebay, dramanya juga senatural mungkin" jelas Ody. 

Film Orang Kaya Baru (OKB) akan tayang serentak di seluruh bioskop di Tanah Air. Pastikan diri kalian tidak melewatkan film komedi keluarga dengan romansa dan persahabatan yang sangat layak ditonton rame-rame bareng keluarga dan sahabat. Saya pribadi memberikan nilai 9/10 untuk Film OKB.


Komentar